Selasa, 01 April 2008

Kondangan

Yup, seremonial dimana pada hari itu dilegalkan lah perbuatan seks dan penerusan keturunan antara dua insan yang berbeda. Kondangan selalu menjadi moment yang mendatangkan beberapa perasaan yang lumayan warna-warni.
Seneng “Alhamdulillah, anak perawan saya yang terakhir menikah juga. Selelsai sudah tugas saya. Tinggal nunggu cucu”.
Sirik “Muka pas-pasan, ada juga yang berani ngelamar. Gw yang udah pol gini kok belum dilamar ya?”
Khawatir “Damn! si Kunyuk pake kawin lagih. Pasti berikutnya Gw nih ditagih”
Lega “fiuuhhh… kawin juga dia. Brarti kalo yang minggu lalu ‘jadi’, paling yang disalahin suaminya. Gak mungkin dia minta Gw tanggung jawab kan?”
Pengharapan “Ooohh… udah kerja? Tante kenalin ya sama anak tante. Dia lagi ambil FK spesialis mandiin mayat. (trus tereak manggil anaknya yang lagi ngantri kambing guling)”.
Ada yang bela2in dateng karena orang deketnya yang married, ada yang najong tradongdong mau dateng karena mantannya yang married, ada yang dengan senang hati nemenin temennya dateng karena numpang makan, ada yang dandan mampus abis2an dengan harapan ketemu jodohnya di sana, ada yang sama sekali gak kenal tapi pas kebetulan lewat dan pengen banget nimbrung ama orang2 baru… macem2 dah.
Kalo Gw tetep berpegang teguh pada prinsip, kalo emang diundang dateng ke kawinan, ya Lo musti dateng. Ceteris paribus (dengan asumsi hal2 lain seperti jarak, cuaca, waktu, dll diabaikan). What ever lah ada sederetan orang baris mulai dari penerima tamu ampe ke dapur yang nanya “kapan nyusul?”. Kalo lagi enak paling gw bilang “doain aja..”. Tapi kalo nanyanya pake nada yang rada fals dan dari orang yang rada2 kurang penting paling Gw jawab “Besok!” sambil jalan menuju stand es puter.
Satu kali pernah Gw ke kondangan di Medan. Datengnya be 3 sama Ichsan & Ella. Biasalah yang cowo2 pake batik cewenya pake kebaya. Berhubung yang kawinan adalah pejabat pemerintahan setempat (lurah) Ella memutuskan pake kebaya lengkap plus kipas di tangan karena kebetulan warnanya matching.
Pestanya lumayan rame. Gw sempet siapin kamera handphone karena ada upacara penyambutan khas STPDN (yang kawin alumninya) waktu pengantennya masuk. Siapa tau upacaranya pake digebugin & ditendangin segala, kan lumayan bisa dijual ke TV. Makanannya juga enak.
Kelucuan mulai terasa ketika pulang. Gw dan Ichsan kpengen nonton. Ella udah pasang aksi boikot dengan menegaskan gak akan mau ikut nonton dan ngancem nekat pulang sendiri. VW Kodok Ichsan tetep masuk ke basement Palladium dan memuntahkan 3 orang dengan kostum kondangan dari dalem perutnya setelah parkir. Ella terpaksa ikut turun daripada manyun nunggu di parkiran atau nyetop taksi sendirian. “Dasar kalian memang pria jahanam”.
Hahahahahehehehhh… Sebetulnya Gw & Ichsan gak pengen2 amat nontonnya, Tapi demi ngeliat Ella panic kita jadi kepengen banget.
Perjalanan dimulai dari spot tempat parkir ke pintu masuk. Petugas tiket parkir, security dan beberapa pengunjung dapet tontonan gratis perempuan berkebaya lengkap diapit dua cowo cepak berbatik. Jadi kayak ibu2 pejabat pulang arisan dikawal paspampres maksa pengen belanja. Dari escalator basement ke lift orang2 mengalihkan pandangan dari rok mini SPG2 pameran ke emak2 kebaya lengkap dengan 2 anak muda berbaju rapih, jadi kayak mami2 dan dagangannya. Hahahahahehehehehhhh….
Di lift dari mulai lantai G ke lantai 3, orang2 di lift senggol2 temennya sambil nahan ketawa.
Di bioskop Ella berdiri agak deket tiang supaya gak terlalu keliatan. Orang2 malah ngira dia pajangan buat film Menikah Dalam Kubur.
Hasil dari ngantri dan nahan ketawa ternyata tiket nonton abis.
“Tu lah, puas kalian?” sentak si Ella. Ngeliat Ella lagi manyun sambil kipas2 deket tiang Gw & Ichsan memutuskan pura2 diskusi soal film lain sampe kemudian dateng satu orang yang kenal sama Ella dan nanya “rapih ‘kali Kak?”. Kita ketawa dan langsung cabut setelah ngebantu Ella ngejelasin kalo dia lagi ngidam nonton di bioskop kayak nyonye dan tuan di gedongan.
Sampe sekarang kita selalu certain ke orang2 kejadian itu, dengan versi Ella maksa banget pengen nonton pulang kondangan.

Tidak ada komentar: