Selasa, 15 April 2008

Pengusaha-pengusaha gila

Sbg tukang kredit gw banyak bergaul dengan pengusaha-pengusaha baik sebagai debitur maupun prospek gw. Hmmm… setelah kurang lebih 6 bulan yang sangat menyiksa di bidang ini, Gw bisa menyajikan daftar beberapa pengusaha yang secara fantastis dan mencenggangkan bisa membuat gw terpana dengan ke”gilaannya”. Atau lebih tepatnya menciptakan suasana was-was buat Gw sebagai pengelola rekening mengenai kemampuan (ability) dan keinginan (willingness) mereka dalam memenuhi kewajiban kreditnya.
Pengusaha gila Nomer 5:
Awalnya cuma jualan sembako. Gak tahan dengan godaan dan terpaan jaman serta tuntutan kehidupan yang lebih baik, beliau memutuskan untuk mengembangkan usahanya dengan menjual rokok, miras dan sebagai “gong”nya ybs mulai memproduksi meja bilyar berbagai ukuran.
Pengusaha gila Nomer 4:
Pertama kali janjinya cuma sebagai tukang ngadain barang-barang furniture buat perkantoran. Belakangan demi menerawang prospek yang masih kabur, mulai jail memasok alat tulis, sepatu, baju olah raga, pipa (??), ama cat tembok. Target market juga jadi membabi buta dari mulai kantor pemda ampe taman kanak-kanak
Pengusaha gila nomer 3:
Semua berawal dari usaha pabrik cat kayu. Karena satu dan lain hal (peraturan illegal logging salah satunya), do’i mulai bikin dempul kayu(masih nyambung), cat tembok (lumayan nyambung), dempul mobil (hm, mungkin kalo mobilnye nabrak tembok yang barusan dicat jadi perlu di dempul), sampe ke fiber glass berbagai warna (mungkin kalo dempul mobil tadi gak berhasil jadi ditutup pake fiber glass aja penyoknya). Mungkin juga dia bikin paket hemat, kalo beli semua dapet diskon.
Pengusaha gila nomer 2:
Di nota analisa terakhir tujuan penggunaan dana adalah modal usaha jual-beli barang bekas. Gw udah ambil ancang-ancang ngebayangin bakal dateng ke tempat sejenis pembuangan sampah. Well, emang usaha barang bekas masih ada. Tapi kira2 tinggal 30 persen. Begitu Gw nyampe di TKP betapa menakjubkannya lokasi usaha telah dirubah menjadi salon kecantikan. Mungkin sang empunya menemukan jati dirinya di bisnisnya yang baru.
Pengusaha gila yang juara:
Awal mula usaha garment dengan sub spesialisasi pakaian olah raga anak-anak sekolah. Laporan terakhir sang pengusaha sudah beralih ke usaha Kontraktor Pemeliharaan Kebun Sawit. Dengan memakai nama perusahaan yang sama yang mana kira-kira namanya "Amburadul Garment Industry". Si empunya kebon sawit yang ngasih kerjaan ke dia kok bisa mempercayakan kebonnya ke pengusaha garmen ya? Sampe sekarang gw masih suka merenung, ini orang dapet petunjuk mungkin gara-gara ikutan SMS premium yang isinya ramalan yang banyak diadakan oleh para dukun, atau dapet wangsit waktu bobo siang, atau kesambet jin kebon, atau emang iseng mau bikin Gw gila? Kampret, bikin Gw pening aja.
Dari kelima posisi tersebut 3 orang sudah masuk dalam datar kredit bermasalah. Hmmm... mungkin orang-orang tersebut pernah berkumpul suatu hari trus ada yang buka wacana "mari kita buat tukang kredit kita bekerja lebih keras". Pret...

3 komentar:

Anonim mengatakan...

hahahahaha, nggak betol emang nasabahmu itu rif
nasib2 ...
tapi ada yang usahanya jualan tas dari tajur ga?

Muhammad Arif Bijaksana mengatakan...

Hahahahehehehhh... Ntar jadi supplier temen Lo yang jadi bininye tukang minyak ddari Alaska pulak...

Anonim mengatakan...

Uda mas, trimo aj. Namanya juga RM cabutan dari cabang, gak bisa milih debitur. Kalo mau debitur bagus, carilah keluar sana. Jgn mondar-mandir aj di kantor, malah gangguin org laen.