Senin, 17 Maret 2008

Babe Gw

Panggilan akrabnye Bang Uut. Anak Betawi asli yang gedenye di daerah Paseban. Tukang Ingsinyur, pensiunan perusahaan swasta yang sekarang bikin usaha kontraktor. Tidurnye ngorok & rajin tahajjud. Asli nih orang Betawi gawat banget. Kalo ngomong suka serampangan.
Tiap kali ada temen Gw cewe dateng ke rumah atow nelpon dan kebetulan die yang angkat, die selalu wanti2 "jangan mau Lo di bo'ongin ame si Mamad", Mamad nama Gw di rumah btw...
Pernah satu kali temen gw yang abis operasi sinus nelpon ke rumah & diangkat ame babe gw, die bilang "gimana idungnya? kata si Mamad kayak abis ditonjokin orang Batak?", sumpah Gw agk pernah ngomong kayak gitu.
Ada juga temen Gw yang hobby ngirim makanan ke rumah. Untuk mengatur pelaksanaan pengembalian pyrex tempat makanan, die telpon Gw
"Ntar kalo lo gak sempet anter, gw yang ambil deh ke rumah Lo"
"Beneran Lo mau ngambil? jadi enak nih Gw... He3x"
tiba2 babe Gw interupsi
"Ntar aje ambilnye, tunggu pyrexnye numpuk lima biji di rumah"
Satu kali die pernah banget hobi ikan. Trus die bilang ame gw "Lo malu gak kalo ditanya perkerjaan orang tua Lo jawab Tukang Ikan?". Lah, Gw mah nyantai aja.
Tampang beliau banyak yang bilang ganteng.
One day gw balik ke Jakarta liat rambut die agak gondrong.
"rambut gondrong bos?"
"Iye, tukang cukurnye mati". dengan tampang datar.
Setelah dikonfirmasi emang tukang cukur tsb telah meninggal dunia.
Actually, Gw agak jarang ngobrol ama dia. Sejujurnya sering kurang akur.
Satu malem Gw nelpon ke rumah, biasanya kalo si babe yang angkat, pembicaraan cuma berupa,
"Salamlekum"
"Kum salam"
"eh, elo Mad, nih nih emak Lo nih..."
trus gw ngobrol ama emak Gw.
Tapi waktu itu agak beda
"Salamlekum"
"Kum salam"
"Eh Mad, kapan Lo balik?"
agak kaget, tumben "Ah, gak tau nih, doain lah biar cepet ditarik"
"minggu depan libur panjang Lo gak pulang?"
makin kaget "mahal tiketnye, lagian tanggung kalo cuman long weekend, sekalian pindah gituh kan enak"
"Ya Lo minta dong ame bos Lo. Bilang Lo dah bosen di Medan, ape perlu Gw yang ngomong?"
"halah.., si mamah ada?"
"ngpain Lo lama2 di sana? Kalo emang kagak demen di sana bilang. Biar tu orang pade tau"
"Iye, ntar Mamad bilang.."
"Nih nih emak Lo nih"
Man... agak janggal Babe Gw nyuruh pulang & pindah. Biasanya boro2, kalo gw pegi bawa mobil di Jakarta paling kalo kemaleman die suruh pulangin mobilnya doang. Malahan die pernah bilang "kalo saban hari maen ampe pagi mending jangan pulang deh Lo, capek Gw bukain pintu"
Ari-ari Gw waktu lahir dibuangnye ke laut Ancol, "biar jauh langkahnye nih anak" die bilang.
Trus knape die cariin Gw skarang? Orang-orang ngeledekinnye "si Bang Uut keilangan sparing tuh si Mamad pegi"

Tidak ada komentar: